Jadwal FIFA Matchday Timnas September, Siapa Lawan Indonesia Berikutnya?

Admin


Infoinsport.com
- Timnas Indonesia perlu bersiap-siap menghadapi FIFA Matchday yang akan berlangsung pada 4 September hingga 12 September 2023.


Pertandingan FIFA Matchday pada bulan September memiliki arti penting karena berfungsi sebagai persiapan untuk babak awal kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan Oktober dan juga membantu dalam mempersiapkan Piala Asia di Qatar pada awal tahun 2024.


Untuk persiapan menghadapi Piala Asia mendatang, Timnas Indonesia memainkan enam pertandingan FIFA Matchday.


Timnas Indonesia ditempatkan di Grup D bersama Jepang dan Irak, yang merupakan pemenang Piala Asia sebelumnya, dan juga dengan Vietnam, yang merupakan saingan mereka dari kawasan Asia Tenggara.


Jika Anda benar-benar ingin memanfaatkan FIFA Matchday sebagai sarana persiapan untuk Piala Asia, sebaiknya pilih lawan yang memiliki atribut serupa dengan calon lawan di Piala Asia mendatang.


Hanya ada tiga konfederasi yang tersedia untuk lawan yang akan dipilih pada bulan September. Pasalnya, negara anggota UEFA harus lolos ke Piala Eropa 2024, sedangkan negara anggota CONMEBOL harus melalui kualifikasi Piala Dunia 2026.


Pilihan yang tersedia antara lain negara-negara Afrika yang tergabung dalam CAF, negara-negara di Amerika Utara dan Tengah yang tergabung dalam CONCACAF, dan negara-negara Asia yang tergabung dalam AFC.


Jika timnas Indonesia berminat menghadapi negara yang memiliki karakteristik mirip dengan Jepang, Thailand bisa jadi lawannya.


Thailand memiliki keterampilan dan gaya bermain yang hampir identik dengan Jepang. Dalam hal bisnis, pertandingan melawan Thailand pasti akan memikat minat para penggemar, mengingat mereka adalah musuh lama di Asia Tenggara.


Namun, jika kriteria Timnas Indonesia mengharuskan mereka untuk bertanding melawan negara peringkat 100 atau lebih tinggi di FIFA, maka Thailand tidak dapat dipertimbangkan sebagai opsi karena peringkat mereka saat ini berada di peringkat 114.


Lebanon, Suriah, atau Yordania menjadi opsi potensial karena mereka berada di peringkat 100 besar dan memiliki karakteristik yang mirip dengan Irak, yang berpotensi menghadapi timnas Indonesia di Piala Asia.


Bahrain, Oman, Uni Emirat Arab, Qatar, bahkan Arab Saudi bisa menjadi pilihan jika Timnas Indonesia ingin menilai kekuatan negara-negara Timur Tengah.


Jika timnas Indonesia berniat bertanding melawan negara-negara Asia Tengah atau Timur, pilihan mereka terbatas pada Kyrgyzstan, China, atau Uzbekistan.


Timnas Indonesia bisa mempertimbangkan Vietnam sebagai pilihan alternatif.


Tampaknya memilih lawan Asia untuk putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 di zona Asia adalah keputusan yang masuk akal untuk menilai dan menguji kemampuan lawan potensial.


Ada cukup banyak pilihan lawan peringkat 100 ke atas jika timnas Indonesia memutuskan untuk melawan negara Afrika.


Ekuador, Guinea, Benin, Uganda, Zambia, Gabon, Guinea, Tanjung Verde, Republik Demokratik Kongo, Afrika Selatan, Ghana, dan Mali adalah semua pilihan yang tersedia.


Jika Anda sedang mencari pemain bintang ternama, khususnya yang terkenal di Indonesia, Gabon bisa menjadi pilihan yang layak karena kehadiran Pierre Emerick Aubameyang.


Opsi untuk tim di zona CONCACAF dengan peringkat di atas 100 juga berbeda. Curacao menjadi yang pertama tersingkir karena sudah pernah bermain melawan timnas Indonesia.


Haiti, Honduras, El Salvador, Jamaika, dan Panama adalah pilihan yang layak.


Jika Timnas Indonesia menginginkan lebih banyak opsi, mereka memiliki pilihan antara Amerika Serikat, Kanada, atau Meksiko.


PSSI berniat menggelar ajang tersebut setiap tahun, kecuali negara-negara seperti Amerika Serikat atau Meksiko yang masuk kategori bombastis sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Komentar