WSBK Italia 2022: Menangi Perebutan Sengit Superpole dengan Redam Razgatlioglu, Alvaro Bautista Ciptakan Rekor Lap

Alvaro Bautista kuasai FP 3 berhasil rebut Superpole di WSBK Italia 2022
Admin

InfoinSPORT - Alvaro Bautista menjadi penguasa di kualifikasi World Superbike (WSBK) Italia yang berlangsung sengit di Sirkuit Misano, Sabtu (11/6/2022).

Pembalap WSBK 2022 dari pabrikan Aruba.id Racing-Ducarti kembali memukau di kualifikasi putaran ke-4.

Alvaro Bautista berhasil memenangkan perebutan Superpole dengan Redam Razgatlioglu dan juga mencetak rekor lap baru di Sirkuit Misano.

Dilansir dari motorsport, dengan waktu lap 1 menit 33,328 detik, Bautista mempertajam rekor lap kelas Superbike di Sirkuit Misano yang sebelumnya dibuat Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) pada 2021, juga di kualifikasi, dengan 1 menit 33,416 detik.

Rea sendiri harus puas berada di P3 sesi kualifikasi WSBK Italia ini setelah tertinggal 0,190 detik dari Bautista. Ia tepat di bawah juara dunia Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK) yang terpaut 0,137 detik dari Bautista untuk merebut P2.

Peringkat keempat dan kelima kualifikasi WSBK Italia 2022 ditempati masing-masing oleh Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK) dan Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing–Ducati). Gap lima besar ini juga sangat tipis, hanya sekira 0,3 detik.

Bagi Alvaro Bautista,  hasil kualifikasi di Misano ini menjadi pole pertamanya di WSBK musim ini atau yang kelima sepanjang kariernya di kejuaraan dunia balap berbasis motor produksi massal tersebut yang dimulainya pada 2019.


Bautista sendiri datang ke WSBK 2022 dengan status pemimpin klasemen. Dengan empat kemenangan race yang sudah dikantongi, ia unggul hanya 17 poin atas Rea di peringkat kedua dan 42 poin atas Razgatlioglu di posisi ketiga.

Sejak awal sesi berdurasi 15 menit tersebut, tiga pembalap terbaik WSBK saat ini sudah langsung bersaing ketat.

Seusai melibas satu lap, Jonathan Rea berhasil mencatat waktu lap tercepat namun hanya unggul 0,085 detik atas Toprak Razgatlioglu di posisi kedua. Alvaro Bautista menguntit di P3 dengan gap hanya 0,257 detik. Philipp Oettl dan Roberto Tamburini menggenapi lima besar.

Sekira lima menit sesi berlangsung, Bautista dan Razgatlioglu makin panas memperbutkan posisi terdepan. Bautista sempat unggul 0,186 detik atas Razgatiloglu. Namun, pembalap asal Turki tersebut kemudian membalas dengan merebut lagi P1.

Hanya beberapa menit berselang, Rea yang sebelumnya berada di posisi ketiga, berhasil menggeser Razgatlioglu di P1 setelah mampu lebih cepat 0,085 detik.

Rea terus memimpin hingga menjelang tiga menit sesi tersisa. Bautista sebelumnya sempat masuk pit menggila di menit-menit akhir untuk merebut P1 menggeser juara dunia enam kali beruntun (2015-2020) tersebut.

Toprak Razgatlioglu yang berupaya keras menandingi kecepatan Ducati Panigale V4 R milik Alvaro Bautista akhirnya tidak berhasil dan harus puas finis di P2 diikuti Jonathan Rea di posisi ketiga.
Komentar