Hasil Balapan Race 1 WSBK Italia 2022: Kalah Cepat, Jonathan Rea Tak Bisa Kejar Alvaro Bautista

Hasil balapan pertama di WSBK Italia 2022, Alvaro Bautista juara pertama
Admin



InfoinSPORT - Hingga race 1 WSBK Italia 2022 dominasi Alvaro Bautista belum terhentikan.

Juara dunia musim lalu Jonathan Rea dibungkam Alvaro Bautista yang menguasai balapan.

Sempat diberi tekanan oleh Rea, namun penampilan apik Alvaro Bautista melesat meninggalkan rivalnya.

Dilansir dari motorsport, meski tidak mudah untuk tetap mempertahankan posisi 1 di namun dia bisa mengatasi Rea dengan baik.

“Sebenarnya tidak mudah melewati Jonny (panggilan Jonathan Rea) pada lomba ini. Lintasan lebih licin dibanding pagi hari. Setelah 10 lap, saya melihat memiliki kecepatan cukup bagus untuk memimpin, tidak peduli Jonny akan menekan atau tidak, dan berhasil,” ucap Bautista usai Race 1.

Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) berhasil finis di podium kedua. Sempat memimpin lomba, juara dunia enam kali (2015-2020) itu tertinggal hingga 5,128 detik.

Ducati berhasil menempatkan tiga Panigale V4 R di lima besar Race 1 WSBK Italia setelah rekan setim Bautista, Michael Ruben Rinaldi, berhasil meredam pembalap tim satelit Axel Bassani (Motocorsa Racing) masing-masing mampu finis di P3 dan P4.

Tim pabrikan Kawasaki juga menempatkan dua ZX-10RR di lima besar setelah Alex Lowes mampu finis di P5 dengan gap hingga 11,888 detik dari Bautista.

Nasib sial dialami juara dunia Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK). Ia harus mundur pada akhir lap 14 setelah Yamaha YZF-R1 geberannya mengalami kerusakan mekanis.

Tidak mampu merebut poin di Race 1 WSBK Italia membuat langkah pembalap Turki itu untuk mempertahankan gelar, makin berat. Memang masih ada Superpole Race dan Race 2 di WSBK Italia pada Minggu (12/6/2022) hari ini.

Namun, faktanya, dengan baru mengoleksi 109 poin, Razgatlioglu kini tertinggal hingga 77 poin dari Bautista di puncak klasemen dan 55 poin dari Rea di P2.

Selain Razgatlioglu, empat pembalap lain juga tidak mampu finis akibat kecelakaan maupun gangguan teknis. Mereka adalah Alessandro Delbianco (TPR Team Pedercini Racing), Christophe Ponsson (Gli Motor Sport-Yamaha), Philipp Oettl (Team Goeleven), dan Gabriele Ruiu (Bmax Racing).

Duel sengit terjadi sejak awal Race 1 yang berdurasi 21 lap 88,746 km) tersebut. Start dari grid kedua, Razgatlioglu langsung melesat ke P1 melibas pemegang pole, Bautista. Tiga besar lap 1 pun diisi oleh Razgatluogu, Bautista, dan Rea.

Pada lap 2, Rea menghentak dengan mengambil posisi Bautista dan Razgatlioglu sekaligus untuk P1. Satu lap berikutnya, Bautista berhasil melibas Razgatlioglu untuk P2. Setelah itu, duel sengit terjadi antara Rea dan Bautista untuk memperebutkan P1.

Bautista yang unggul dari sisi tenaga dan top speed beberapa kali mencoba melibas Rea, yang terlihat tertekan menahan tekanan dari pembalap asal Spanyol tersebut.

Upaya Bautista merebut P1 dari tangan Rea baru berhasil dilakukan pada lap 13. Dari sisi dalam salah satu area tercepat Sirkuit Misano, Bautista berhasil mengambil Rea dari sisi dalam tikungan.

Setelah lap 13 itu, Alvaro Bautista tidak lagi mampu dikejar olah Jonathan Rea yang terlihat terus melambat sampai finis.

Komentar