Hanya Bisa Andalkan Marc Marquez, Honda Ambil Opsi Gaet Dua Pembalap Suzuki untuk MotoGP 2023

Dua pembalap Suzuki gabung Honda, Alex Rins ke LCR Honda dan Joan Mir ke Repsol Honda?
Admin


InfoinSPORT
- Tampil buruk diakhir musim MotoGP 2022, setelah kehilangan Marc Marquez yang harus cabut sementara karena menjalani operasi.

Pembalap Honda lainnya seperti Pol Espargaro dan Alex Marquez belum bisa menjadi pengganti Marc untuk mendapat poin.

MotoGP Jerman jadi bukti bahwa Honda hanya bisa mengandalkan Marc Marquez untuk eksis di podium MotoGP 2022.

Dengan hasil buruk ini, Honda mempersiapkan untuk menggaet dua pembalap Suzuki.

Alex Rins dan Joan Mir yang harus mencari tempat baru mendapatkan angin segar dari Honda.

Joan Mir kuat dirumorkan akan gabung Repsol Honda Team, namanya disebut sebagai pengganti Pol Espargaro dan tandem Marc Marquez musim depan.

Berdeda dengan Rins, meski tak banyak opsi yang tersedia untuknya. LCR Honda mengabarkan siap menampungnya di Tim Satelit.

Dilansir dari motorsport, Rins dan LCR Honda sudah merampungkan negosiasi kedua, setelah pembicaraan pertama yang berlangsung positif. Ada kemungkinan finalisasi kontrak tercapai pada dua minggu ke depan.

Kendati demikian, kedatangan Rins ke LCR tergantung pada persetujuan Honda. Pabrikan berlogo sayap tunggal memegang kekuasaan dalam hal line-up pembalap tim satelitnya. Belum lagi finansial bakal memainkan faktor utama.

Namun, perihal besaran gaji, tampaknya kedua belah pihak tinggal mencapai kata sepakat. Usai memutuskan mundur dari Grand Prix Jerman, Rins serta LCR diyakini cukup intens dalam membicarakan persoalan ini.

Team Manager Honda, Alberto Puig, baru-baru ini membenarkan telah melakukan kontak bersama Rins dan Mir.

“Tentunya, Honda sudah berbicara dengan dua pembalap Suzuki, yang menelepon kami setelah tersiar kabar tentang masa depan tim mereka,” ucapnya.

Andai benar Rins hijrah ke LCR, kepindahannya jelas berimbas pada Alex Marquez. Masa depannya bisa tak menentu, karena skuad berbasis di Monako itu mengisyaratkan akan merombak total susunan pembalap.

Ketidakpastian juga sedang melanda Takaaki Nakagami. Nasibnya di ujung tanduk menyusul rentetan hasil buruk. Bintang Moto2, Ai Ogura, kencang difavoritkan untuk menggantikannya di LCR Honda musim depan.

Jika seperti ini, maka Nakagami mungkin diturunkan sebagai test rider bersama Stefan Bradl, yang akan terus menjadi pembalap penguji Honda Racing Corporation (HRC) pada 2023.

Rins bukan yang pertama dikaitkan dengan LCR Honda. Sebelumnya muncul sejumlah nama. Di antaranya Jack Miller, meski akhirnya diikat kontrak oleh pabrikan KTM.

Miguel Oliveira juga sempat dikabarkan akan ke LCR, selain kabar pemuda asal Portugal itu bakal gabung Gresini Racing, yang ternyata malah menguap begitu saja akhir pekan lalu.

Halangan besar dari persatuan Oliveira dan Gresini adalah penolakan Ducati soal gaji pembalap. Ditambah, dia tak sesuai filosofi Ducati yang fokus terhadap promosi talenta-talenta muda.

Pilihan lain bagi Oliveira, yakni skuad satelit RNF Racing yang tahun depan menurunkan motor Aprilia RS-GP. Sebenarnya, sosok Raul Fernandez merupakan opsi pertama pabrikan Noale, tapi masih terhalang oleh KTM.

Tech3 kemungkinan kembali merekrut Pol Espargaro. Siapa yang akan menjadi rekan setim Polyccio? Itu bergantung keputusan KTM untuk memilih Remy Gardner atau Fernandez.

Komentar